Ekonomi Pembangunan

Logo-STIEMM

VISI
Menjadi Program Studi yang unggul dan professional dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang berkualitas berdasarkan nilai-nilai Islam di kawasan Sulawesi Barat.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas guna menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan analisis ekonomi yang kompeten.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi Melalui penelitian di bidang ekonomi Dengan fokus utama Pada bidang perencanaan Pembangunan dan analisis ekonomi serta sebagai Pusat Pengembangan Pendidikan Al-Islam Ke-Muhamaddiyahan.
  3. Menyelenggarakan berbagai kegiatan Pengabdian pada masyarakat dibidang perencanaan Pembangunan dan analisis ekonomi.

Tujuan

  1. Membentuk lulusan yang memiliki sikap professional dan mampu mengembangkan profesionalismenya sesuai dengan bidang ilmu yang dikuasainya.
  2. Membentuk lulusan mempunyai Sikap mental dan pola fikir yang terpuji serta memiliki kemampuan dalam menghadapi segala tantangan.
  3. Membantu masyarakat dalam mengadapi permasalahan di bidang perencanaan dan Ekonomi Pembangunan.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
Sasaran yang diharapkan akan dicapai oleh Program Studi Ekonomi Pembangunan STIE MM pada Tahun 2020 adalah sebagai berikut.

  1. Dosen : Memiliki kepangkatan akademik minimal lektor sebanyak 60%, memiliki jenjang pendidikan S3 sebanyak 60%, dosen tersertifikasi 100%, dosen bersertifikasi profesi keahlian (Sektor Publik, Sistem Informasi ) Serta kemampuan dalam syiar Islam.
  2. Mahasiswa dan Lulusan : Mencapai IPK lulusan rata-rata 3,00, lama studi rata-rata 4 tahun, waktu tunggu memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya rata-rata 6 bulan, mendapatkan gaji pertama rata-rata Rp. 2 juta, memiliki integritas dan komitmen keislaman, memiliki kemampuan practical skill dan softskill yang sangat baik, serta menguasai penggunaan teknologi informasi.
  3. Tenaga kependidikan : Mampu memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan ramah. Responsif terhadap perubahan lingkungan, memiliki keahlian yang sesuai serta kemampuan dalam syiar Islam.
  4. Sarana dan prasarana : Tersedianya sumberdaya yang memadai, relevan, terpelihara, serta berkelanjutan Memanfaatkan sumberdaya secara optimal.
  5. Kerjasama dan kemitraan : Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan Instansi Pemerintahan yang relevan dari lingkungan perguruan Tinggi dan birokrasi serta alumni.