Nike Metaverse: Koleksi Desain Virtual 2024

Sebagai produsen sepatu kets terbesar, Nike berinteraksi dengan metaverse. nike metaverse ini merupakan produk pertama yang dikenalkan di dunia virtual dengan total produksi hingga 19.000 pasang sneakers.

Apa Saja Koleksi Nike Metaverse?

Tujuan dari hadirnya metaverse dari Nike ini sendiri adalah untuk mempopulerkan ide metaverse, di mana produk yang ditawarkan, dapat menarik masyarakat untuk memasuki ruang virtual dari perusahaan tersebut.

Nike termasuk perusahaan sepatu kets pertama yang mengembangkan produk di dalam lingkungan virtual. Sepatu kets ini nantinya akan dipasarkan dalam bentuk koleksi digital atau NFT dan pembelinya akan memperoleh sepatu fisik dengan pilihan 4 warna.

Riblox-Nikeland

Nikeland termasuk gagasan pertama yang memberikan peran penting terkait pertumbuhan merek di dunia digital. Dunia virtual ini diciptakan untuk berinteraksi secara langsung, bermain dan terlibat dengan barang-barang bermerek melalui avatar yang berada di lingkungan yang bersifat imersif.

Nikeland sebagai koleksi Nike metaverse mencoba menggabungkan permainan dan atletik dalam gaya hidup yang diadopsi dari pelanggan. Selain itu, Nikeland menyediakan dunia olah raga gratis seperti renang dan atletik untuk memungkin setiap orang bersaing satu sama lain.

RTFKT X Nike AR Genesis Hoodie

RTFKT X Nike AR Genesis Hoodie merupakan produk sweater digital yang dirancang dengan NFT X avatar RTFKT Clone. Hoodie ini tersedia dalam format digital dan fisik yang dapat dibeli oleh calon konsumen.

Setiap konsumen yang membeli hoodie Nike Ar Digital akan mendapatkan chip NFC. Ini memungkinkan setiap konsumen dapat berkomunikasi nirkabel antara pakaian dan juga NFT spesifiknya. Dengan demikian, pemilik pakaian virtual berkesempatan dalam mengalihkan kepemilikannya sembari menerima fisik hoodie yang sebenarnya.

Hoodie RTFKT termasuk produk sweater original yang unik dengan memadukan spek digital dan fisik yang menawarkan pengalaman fashion trendy dan baru.

Jersey Nike Footballverse x RTFKT

Dengan berkolaborasi RTFKT, Nike meluncurkan produk jersey yang diberi nama jersey Nike footballverse. Produk metaverse ini dapat diakses baik melalui dunia digital maupun fisik.

Keunikan dari jersey Nike footballverse ini terletak pada chip NFC RTFKT World Merging (WM). Chip ini mampu menghubungkan aset digital dengan barang material melalui pemasangan chip “palsu” NFT pada aset digital dan aset fisik.

Detail garis pada jersey, mencontohkan bagaimana dunia virtual dan nyata serta memberdayakan konsumen untuk mengendalikan harta bendanya.

Itulah ketiga koleksi desain virtual metaverse dari Nike yang harus Anda miliki. Meskipun inovasinya dalam dunia metaverse, ada harapan yang perlu dikembangkan dari Nike antara lain adalah:

  1. Aktivasi NFT

Melalui avatar sederhana dengan NFT berbasis aktivasi yang terus dibangun dan disempurnakan, membuka pengulangan di gym atau pun membuat rekor pribadi pada saat berlari.

  • Program Loyalitas Nike

Untuk memotivasi atlet agak tetap aktif, Nike membuka program loyalitas dengan memberikan penghargaan dan motivasi. Pada saat mencapai jarak tempuh tertentu, pihak Nike akan memberikan diskon atau produk unik untuk atlet yang berhasil memenangkan kompetisi tersebut.

  • Kolaborasi dengan Influencer

Dilihat dari rekam jejak kemitraannya, Nike sukses dalam berkolaborasi dengan influencer ternama guna memperluas jaringan metaverse dengan menjual produk-produk virtual. Nike akan menjual produk tersebut pada pengikut influencer dengan desain sepatu terbaru. Munculnya koleksi desain virtual dari Nike metaverse tersebut, membuat pelanggan lingkungan fisik tidak sabar menunggu koleksi terbaru dari Nike dan apa yang dibuat perusahaan Nike pada tahun-tahun mendatang.